Lotus yang Enak

9:25 PM

Hari ini saya dapat kue yang sangat spesial! Namanya kue bulan alias mooncake. Kue bulan adalah kue tradisi Cina yang biasanya dimakan saat perayaan Festival Tengah Musim Gugur (Mid-Autumn Festival) atau Mooncake Festival. Kue bulan bentuknya seperti bunga, bagian kulitnya bermotif katon, dan agak mengilat. Warnanya cokelat, teksturnya mirip kue bakpia, dan rasanya manis. Di bagian tengah kue ada telur asin dan tentunya ada pasta bunga lotus!

Kue bulan dari Butterdream. Foto: Butterdream

Saya baru tau soal kue ini dari teman saya, FX Mario, yang jualan kue bulan di tokonya yang bernama Butterdream. Dia cerita, katanya pasta bunga lotus terbuat dari biji bunga lotus. Saya belum pernah lihat biji lotus di kehidupan nyata. Bahkan buahnya saja saya lupa bentuknya seperti apa. Akhirnya saya cari-cari informasi tentang bunga dan spesies ini.

Ternyata, pasta bunga lotus terbuat dari biji lotus kering yang direbus dan dimasak lama hingga menjadi pasta. 

Lotus (Nelumbo nucifera). Foto: Wikimedia Commons


Ini bentuk buahnya. Foto: Wikimedia Commons.



Ini bentuk biji bunga lotus yang sudah kering dan siap dimakan/masak. Foto: Wikimedia Commons.


Teratai vs Lotus

Bunga lotus dikenal pula dengan nama bunga seroja. Bunga lotus hidup di air, makanya sering dikira sebagai bunga teratai. Padahal kalau kita lihat bunga teratai (water-lilies - Nymphaea sp.) dan bunga lotus (water-lotus - Nelumbo) bersisian, terlihat sekali bedanya! 

Bunga dan daun lotus berada di atas permukaan air dan ujung kelopak bunganya membulat runcing. Di sisi lain, bunga dan daun teratai berada mengambang di permukaan air dan ujung kelopak bunganya lebih runcing. Kalau mau lihat penjelasan lebih lanjut, bisa lihat di video ini: perbedaan teratai dan lotus.

Lotus (kiri) dan teratai (kanan). Foto: Wikimedia Commons.

Kalau lihat lotus dan teratai, saya langsung teringat salah satu rumah kaca di Kew Garden, Inggris. Ingin sekali deh suatu hari bisa ke sana! Coba kamu lihat, bisa menemukan lotus di antara teratai ngga? Lotus yang daun dan bunga nya di atas permukaan air semua.

Teratai, lotus, dan tanaman air di Waterlily House, Kew Royal Botanical Garden, Inggris. Lotus itu yang semua daun dan bunga ada di atas permukaan air, bukan yang mengambang di permukaan air. Ketemu ngga? Foto: RGB Kew

Inspirasi dari Lotus

Lotus merupakan salah satu tumbuhan yang sangat penting di kultur dan agama Budha dan Hindu. Pada ajaran agama Budha, daun dan bunga lotus yang tumbuh menjulang di atas permukaan air melambangkan kejernihan hati, pikiran, dan jiwa di atas air kemelekatan dan keinginan (air dan tanah yang berlumpur).

Banyak arti-arti lain dari bunga lotus. Ada yang bilang lotus melambangkan kemakmuran, kemandirian, dan lain sebagainya. Bahkan bunga lotus termasuk bunga yang sangat penting dan tertampang di relief Candi Borobudur lho!

Bunga lotus alias seroja mengingatkan saya pada sebuah lagu Bunga Seroja yang dinyanyikan oleh Mahar di film Laskar Pelangi. Kamu ingat ngga lagunya? 

Mari menyusun seroja bunga seroja
Hiasan sanggul remaja putri remaja
Rupa yang elok dimanja jangan dimanja
Pujalah ia oh saja sekedar saja
Mengapa kau bermenung oh adik berhati bingung
Mengapa kau bermenung oh adik berhati bingung

Bunga lotus juga menginspirasi kue saroja dari tanah sunda yang rasanya gurih. Bentuknya mirip sekali dengan kue kembang goyang dari betawi yang rasanya manis.

Menarik sekali ya!

***

Terima kasih sudah mampir!

xoxo,
Diny

You Might Also Like

0 comments

Subscribe