Calathea Dottie - Black Lipstick

5:32 PM

Calathea roseopicta Dottie



Nama spesies
Calathea roseopicta (Linden) Regel 

Nama varietas
Dottie
Black Lipstick

Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Superorder : Lilianae
Class : Pezizomycetes
Order : Zingiberales
Family : Marantaceae

Sejarah
Calathea Dottie ditemukan oleh seorang inventor tanaman bernama Ann E. Lamb. Ann menemukan dan menyeleksi kultur jaringan dari species Calathea roseopicta pada tahun 1998. Varietas ini berbeda dengan tumbuhan induknya, karena Calathea roseopicta memiliki corak yang akan berubah menjadi warna silver-hijau saat dewasa. Untuk memastikan kestabilan varietas Dottie, Dottie diuji coba di laboratorium di Apopka, Florida. Setelah diuji coba, ternyata karakter Dottie stabil dan layak mendapatkan paten.

Deskripsi
Calathea Dottie atau Black Lipstick daunnya berbentuk orbikular atau bulat. Bagian bawah daun berbentuk tumpul dan ujung daun membulat. Daunnya daun tunggal dengan tangkai daun 3-12 cm. Tulang daun bercorak pink dan corak daun berwarna pink di dekat tepi daun.

Varietas Dottie ini mirip sekali dengan varietas Princess Jessie. Perbedaannya adalah Dottie memiliki warna garis pink yang lebih tipis di tepi daunnya, sedangkan garis pink di Princess Jessie lebih lebar. Warna utama daun bagian atas dari Dottie adalah hijau abu-abu yang sangat tua, sedangkan Princess Jessie berwarna hitam. Dottie juga tumbuh lebih rimbun dibandingkan Princess Jessie.

Ekologi
Seperti Calathea pada umumnya, Calathea Dottie tidak menyukai sinar matahari langsung. Calathea Dottie memerlukan kerindangan dan udara yang lembab. Calathea berasal dari daerah tropis Benua Amerika. Tumbuhan ini memiliki sifat foto- dan thermotropisme yang berarti akan bergerak dipengaruhi sinar matahari dan suhu udara. Saat berada dalam lingkungan yang terang, daun akan membuka untuk menyerap sinar matahari untuk fotosintesis. Saat periode gelap, daun akan menutup dan mengurangi penguapan daun.

Referensi
Herrero-Huerta, M., Lindenbergh, R., Gard, W. 2018. Leaf movements of indoor plants monitored by terrestrial LiDAR. Frontiers in Plant Science 189(9): 1-9.
Lamb, A.E. 2002. Calathea Plant Named 'Dottie'. US PP12,736 P2.
Mang, R. 2013. Variety of Calathea Plant Named 'Princess Jessie'US 2013/0007934 P1.

Calathea Dottie


You Might Also Like

0 comments

Subscribe