Koleksi Kebunku: Calathea Fusion-White

2:12 PM

 

Calathea Fusion White

Nama spesies
Calathea leitzei 

Nama varietas
Calathea Fusion White

Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Superorder : Lilianae
Class : Pezizomycetes
Order : Zingiberales
Family : Marantaceae

Sejarah
Calathea Fusion White adalah varietas tanaman yang ditemukan pada bulan Mei 2007 oleh seorang inventor tanaman bernama Taiyan Yam. Perbanyakan tanaman ini pertama kali dilakukan di Malaysia pada tahun 2007 melalui perkembangbiakan vegetatif. Perkembangbiakan vegetatif pada Calathea biasanya melalui pemisahan tunas-tunas daun dari akarnya, tidak melalui perkecambahan biji. Baru sekitar tahun 2010-2012, Taiyan Yam memastikan kestabilan bentuk varietas Calathea Fusion White, di rumah pembibitan Apopka di Florida, Amerika Serikat, lalu menjualnya untuk khalayak umum.

Deskripsi
Calathea Fusion White berasal dari tanaman induk spesies Calathea leitzei. Namun, setelah melalui modifikasi tanaman, Calathea Fusion White mengeluarkan karakteristik yang berbeda dari Calathea leitzei, misalnya:
  1. Calathea Fusion White memiliki variegata berwarna putih terang dan hijau, sedangkan Calathea leitzei memiliki varigata berwarna hijau muda dan hijau tua. 
  2. Daun Calathea Fusion White lebih kecil daripada Calathea leitzei.
  3. Calathea Fusion White relatif lebih tidak rimbun dibandingkan Calathea leitzei.
Ekologi
Seperti Calathea pada umumnya, Calathea Fusion White tidak menyukai sinar matahari langsung. Calathea Fusion White memerlukan kerindangan dan udara yang lembab. 

Referensi
Yam, Taiyam. 2015. Calathea Plant Named "Fusion White"US PP26,187 P2.



You Might Also Like

0 comments

Subscribe