Morfologi Jamur

9:07 PM


Belakangan ini saya sedang asyik mempelajari jamur-jamur yang mudah ditemukan di sekitar kita. Jamur yang saya amati sebagian besar dari kelompok jamur cendawan (Basidiomycota). Jamur cendawan relatif mudah diamati karena kita dapat melihatnya tanpa menggunakan mikroskop. Bentuknya pun menarik sekali.

Salah satu bagian penting dari pengamatan jamur adalah memperhatikan bagian tubuh jamur itu. Lalu, kita bisa berusaha untuk mendeskripsikan jamur yang kita amati, agar lebih mudah kita identifikasi. Saya membuat sketsa di atas untuk membantu saya mengingat nama-nama bagian tubuh jamur.

Pada gambar di atas, terdapat bagian yang agak membingungkan yang disebut universal veil remnants. Universal veil remnants berasal dari sisa-sisa dari lapisan tudung jamur. Lapisan ini mungkin seperti cangkang telur yang sangat tipis. Fungsinya adalah untuk melindungi calon jamur yang akan tumbuh. Ketika jamur perlahan tumbuh, lapisan tudung lama-lama sobek. Kadang ada sisa-sisa lapisan tudung tersebut yang tertinggal di tudung, batang, maupun di bagian akar semu. 

Saya sendiri belum banyak menemukan sisa tudung tersebut di jamur-jamur yang saya temui. Namun, ada banyak contoh jamur yang masih memiliki sisa lapisan tudung, seperti yang terlihat di website Mushroom the Journal

Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe